3 Indikator Kesehatan Janin Pada Masa Trimester Ketiga

Wanita hamil sangat rentan terkena berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit-penyakit ringan sampai dengan penyakit berat dan yang lebih memprihatinkan lagi banyak para pasangan yang tidak mengetahui apa saja indikator kesehatan janin saat masih dalam kandungan. Biasanya para ibu mulai mengabaikan kesehatan janin dalam perut ketika sudah memasuki trimester ketiga, kebanyakan wanita menganggapo bahwa trimester ketiga adalah trimester paling aman dan sudah berpotensi kecil terkena virus. Padahal tidak menutup kemungkinan selama bayi atau janin masih di kandungan sampai trimester berapapun ia akan tetap rawan terkena serangan virus apalagi jika si ibu kurang menjaga kesehatannya.

Indikator Kesehatan Janin

Untuk mengetahui dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan maka di bawah ini ada 3 indikator kesehatan janin yang harus diketahui ibu saat memasuki trimester ketiga:

  1. Pergerakan janin, janin yang sehat pergerakannya dalam perut jauh lebih aktif ibu harus lebih peka jika janin pada trimester ketiga pergerakannya pasif maka segera periksakanlah ke dokter untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.
  2. Detak jantung stabil, mengetahui detak jantung janin dapat anda ketahui pada saat melakukan USG tanyakan pada dokter yang memeriksa anda apakah denyut jantung janin berada pada kategori normal atau tidak
  3. Bagian tubuh lengkap, indicator yang ketiga inipun hanya dapat diketahui melalui program USG makadari itu penting seorang ibu hamil secara rutin melakukan USG untuk mengetahui kesehatan pertumbuhan dan perkembangan janin yang sedang dikandung karena kelengkapan tubuh bayi termasuk dalam indicator kesehatannya pula

Itulah tiga indiator kesehatan janin yang harus diperhatikan seorang ibu, jika anda merasa janin ada yang tidak beres maka segeralah perikasakan ke dokter. Sudah banyak kasus terjadi janin mengalami gangguan tetapi sang ibu tidak menyadarinya karena tidak mengetahui tanda-tanda yang muncul. Meminimalisir hal ini terjadi ulang maka sebagai orang tua hendaklah lebih cermat dan pandai dalam melihat dan mengontrol pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam perut pastikan terdapat beberapa gerakan seperti tendangan atau gerakan si janin.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *