4 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Yang Harus Diketahui

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat bagus dikonsumsi oleh orang, bahkan manfaat pisang untuk ibu hamil sangat banyak. Oleh sebab itu tidak heran bahwa ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah- buahan salah satunya pisang. Didalam buah pisang terdapat kandungan kalori yang sangat bagus untuk pertumbuhan bayi dan kesehatan ibu. Dengan mengkonsumsi pisang maka ibu yang hamil bisa memenuhi gizinya dengan baik.

manfaat pisang untuk ibu hamil

Nutrisi untuk ibu hamil harus lengkap, sehingga pertumbuhan bayi bisa lebih maju dengan sempurna, selain itu kesehatan seorang ibu juga akan lebih terjaga. Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi adalah megkonsumsi buah- buahan, dan salah satu buah yang layak untuk dikonsumsi adalah pisang. Berikut ini adalah manfaat pisang untuk ibu hamil :

  • Mengandung vitamin B6

Didalam buah pisang terdapat vitamin B6 yang mana bisa mengembangkan sel syaraf pusat pada janin. Untuk ibu yang sedang hamil, mengkonsumsi pisang juga dapat mengurangi morning sickness.

  • Mengandung asam folat

Didalam buah pisang terdapat asam folat yang berperan penting dalam perkembangan saraf otak, bahkan asam folat juga mampu mempengaruhi perkembangan sumsum tulang belakang. Dengan mengkonsumsi pisang maka mencegah bayi lahir cacat dan premature.

  • Mampu melancarkan pencernaan

Pisang terdapat pectin yang akan membantu pencernaan, dengan mengkonsumsi pisang maka pencernaan pada ibu hamil tidak akan bermasalah. Organ pencernaan juga akan lebih sehat.

  • Pisang sebagai sumber kalsium

Penting bagi ibu yang sedang hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, didalam buah pisang juga terkandung kalsium. Dengan mengkonsumsi kalsium maka janin tidak akan kekurangan kalsium, sehingga tidak akan mengambil kalsium pada ibunya yang bisa saja menyebakan esteoporosis.

Dengan mengetahui manfaat pisang untuk ibu hamil maka anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi pisang, namun perlu juga mengetahui buah yang dilarang untuk ibu hamil konsumsi, buah yang sebaiknya dihindari adalah buah nanas anggur, buah durian, pepaya muda, buah nangka, buah cempedak, dan jengkol serta petai.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *