Gejala Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Pengobatannya

Anemia merupakan jenis penyakit yang banyak diderita oleh wanita. Cara mengetahui apakah anda terkena anemia adalah dengan melihat telapak tangan, bagian dalam kantung mata, dan bagian dalam bibir yang terlihat pucat seperti tidak teraliri darah. Gejala anemia memang tidak mudah terlihat. Itulah sebabnya sulit untuk mendeteksinya bagi ibu hamil. Anemia pada ibu hamil lebih berbahaya dibandingkan wanita normal. Pasalnya pada ibu hamil anemia juga turut mempengaruhi janin. Terutama untuk gejala anemia yang serius. Meskipun bagi wanita pada umumnya sering diabaikan namun untuk ibu hamil harus diwaspadai. Anemia yang tidak segera ditangani akan berakibat buruk bagi ibu dan janin. Ibu dapat melihat-lihat makalah anemia pada ibu hamil untuk informasi lebih lengkap.

Gejala anemia ringan tidak mudah untuk diketahui. Apalagi pada ibu hamil, gejala anemia hanya terlihat seperti penyebab hamil yang mana mengalami pucat dan lemas. Namun untuk gejala anemia yang serius dapat dilihat tandanya dengan wajah yang pucat, lemas, detak jantung yang tidak teratur, dan mengalami sesak napas. Sementara anemia pada ibu hamil biasanya juga akan merasa gatal, rambu rontok, dan sariawan. Alangkah baiknya sebelum ibu hamil mengalami permasalahan semacam ini ibu rutin melakukan tes darah. Sehingga anemia tidak sampai parah sehingga membahayakan janin.

Anemia pada ibu hamil dikatakan dapat mempengaruhi janin diantaranya adalah resiko keguguran. Selain itu jika ibu terkena anemia parah juga dapat mengakibatkan janin lahir dengan berat di bawah rata-rata. Selain bagi janin, anemia juga berdampak pada ibu yang mana akan menyebabkan strss pasca melahirkan. Saat mengalami anemia maka sel darah akan berkurang sehingga pada bayi akan kekrangan suplai oksigen. Oleh karena perkembangan bayi akan terhambat. Untuk mengatasi anemia maka perlu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Ibu dapat memperolehnya dari makanan atau obat ferrous sulphate. Namun obat jenis ini memiliki efek samping yang beragam. Maka cara teraik untuk mengatasi anemia adalah dengan makanan seperti bayam, ayam, biji-bijian, sereal, dsb. Cara penganan lengkap dapat anda lihat di anemia pada ibu hamil pdf.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *