HB Normal Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kandungannya

Para ibu hamil wajib mengetahui tentang hb normal ibu hamil berdasarkan usia kandungannya. Maka dari itulah, adanya asuhan kebidanan pada ibu hamil itu penting sekali.Karena, salah satu permasalahan yang kerap terjadi selama kehamilan adalah masalah anemia atau kekurangan darah merah. Maka dari itulah, setiap ibu hamil wajib melakukan pemeriksaan terhadap kadar HB mereka di dalam darah. Setelah itu, bandingkan apakah Anda sudah memasuki standard HB normal untuk ibu hamil berdasarkan usia kandungannya atau tidak. Bila sudah cukup normal, maka Anda bisa merasa aman dan lebih menjaga kesehatan janin Anda.Namun, bila ternyata masih kurang, maka Anda bisa melakukan beberapa hal agar HB Anda bisa kembali normal.

hb normal ibu hamil

Biasanya kadar HB yang rendah pada ibu yang sedang hamil ini akan membuat mereka terlihat pucat, lemah, pusing, dan sulit berkonsentrasi. Itu merupakan salah satu pertanda bahwa hb normal ibu hamil belum tercukupi. Maka dari itulah, sebaiknya Anda pahami beberapa kategori HB normal untuk ibu hamil berdasarkan usia kandungannya, yang meliputi 11.6 sampai dengan 13.9 gr/dl untuk kehamilan trimester pertama. Kadar normalĀ  9.7 sampai dengan 14.8 gr/dl untuk kehamilan trimester kedua. Kadar HB normal 9.5 sampai dengan 15.0 gr/dl untuk usia kandungan pada trimester ketiga. Bila Anda memasuki kadar Hb ini di bawah dari batas paling rendah, sebaiknya Anda segera ke dokter, karena itu berarti bahwa Anda membutuhkan penanganan yang tepat.

Karena itulah, agar bisa menjaga hb normal ibu hamil sebaiknya Anda mengkonsumsi vitamin prenatal yang mengandung zat besi. Umumnya Anda akan mendapatkan suplemen zat besi dari dkter agar selalu normal kadar HB nya. Setidaknya, Anda butuh 27 mg zat besi setiap hari. Selain itu, Anda juga harus melengkapi nutrisi kesehatan Anda dengan mengkonsumsi makanan ibu hamil muda yang kaya dengan zat besi, seperti daging merah dari kambing dan sapi, daging ungags, dan ikan. Atau bisa pula dengan mengkonsumsi sayuran, kacang-kacangan, dan sereal.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *