Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan untuk ibu hamil pelu diperhatikan gizinya. Pasalnya tidak hanya kesehatan ibu saja yang perlu dijaga tetapi juga janin yang dikandungnya. Apalagi pada awal kehamilan yang mana masih rentan keguguran. Makanan bergizi tinggi sangat dibutuhkan agar tumbuh kembang janin berjalan dengan baik. Organ-organ tubuh juga dapat terbentuk dengan sempurna dengan tercukupinya gizi yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa jenis makanan bergizi yang dapat dikonsumsi ibu hamil salah satunya buah-buahan. Namun ada buah yang baik untuk ibu hamil, yakni buah yang menganung gizi penting yang dibutuhkan janin. Sementara itu ada juga buah yang dilarang untuk ibu hamil yang mana dapat meningkatkan resiko keguguran. Berikut ini akan dibahas jenis buah yang baik untuk ibu hamil dan bagaimana mengonsumsinya.

Buah yang baik bagi janin adalah buah yang tidak meragsang pencernaan seperti nanas atau durian. Buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah yang kaya akan vitamin, kandungan mineral, dan asam folat yang tinggi. Buah yang baik untuk ibu hamil di urutan pertama adalah apel. Buah ini mengandung banyak vitamin A, B (B2, B3, B5, B6, B9), dan vitamin C. Sementara itu apel bisa melancarkan sistem pencernaan karena mengandung serat. Apel juga mampu mengurangi bengkak pada beberapa bagian tubuh karena adanya kandungan asam tannin dan malat. Buah apel bagus dikonsumsi setiap hari. Selain itu biasanya ibu hamil muda akan mudah mengalami mual dan muntah. Jika mengalami morning sickness dapat diobati dengan menggunakan buah pisang atau buah naga yang terkenal bagus meredakan mual.

Buah yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah yang mengandung asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan dalam pembentukan otak, tulang, serta gigi. Janin akan mengalami pembentukan otak yang sempurna dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Dalam hal ini diantaranya yakni buah seperti anggur, alpukat, strawberry dan masih banyak lainnya. Makanan untuk ibu hamil bukan hanya perkara kuantitas, sebaliknya memperhatikan kualitas dari gizi makanan sangatlah penting.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *