Jenis-jenis Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Kehamilan membuat semua ibu waspada dalam melakukan tindakan. Salah satunya dalam hal memilih makanan. Pastinya banyak ibu hamil yang bertanya-tanya apakah makanan pantangan yang harus dihindari dan makanan yang baik untuk ibu hamil karena memang tidak semua makanan bagus untuk tumbuh kembang janin. Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia termasuk janin. Janin yang tengah berkembang membutuhkan banyak nutrisi. Itu sebabnya saat hamil ibu diharuskan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh janin. Sedangkan beberapa makanan justru dilarang untuk dikonsumsi karena dapat merusak proses tumbuh kembang janin di dalam rahim.

Beda tri semester maka beda pula jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan ibu hamil mudaakan jelas harus lebih bergizi dibandingkan saat hamil tua. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang baik untuk ibu hamil muda :

  1. Makanan yang mengandung protein
  2. Buah-buahan
  3. Sayur
  4. Biji-bijian
  5. Susu
  6. Lemak sehat

Nutrisi yang paling penting adalah asam folat. Sumber nutrisi ini berasal dari sayur, biji-bijian, atau suplemen. Susu yang dimaksudkan adalah susu ibu hamil yang disesuaikan dengan umur kehamilan. Susu ibu hamil dapat dikonsumsi saat pagi dan sebelum tidur. Makanan diatas dianjurkan untuk dikonsums oleh ibu hamil muda.

Ibu yang masih hamil muda biasanya akan mengalami morning sickness sehingga susah makan. Meski demikian tidak masalah makan sedikit asalkan sering. Jumlah makanan tidak penting selama makanan bergizi tinggi. berbeda halnya saat kehamilan ibu sudah menginjak tri semester ketiga. Jumlah kalori harus ditambah. Jika pada tri semester perama dan kedua ibu hanya perlu mengkonsumsi 2000 kalori maka di tri semester ketiga harus ditambah menjadi 2200 kalori per hari. Sementara itu makanan yang baik untuk ibu hamil tua diantaranya papaya, ikan, kacang, serta sayur dan buah lainnya. Makanan yang sehat untuk ibu hamil selama bukan junkfood, makanan instan, makanan/minuman dengan gula berlebih, dan makanan yang mdah merangsang pencernaan seperti makanan terlalu asam, pedas, dsb.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *