Macam Macam Asupan Gizi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil memang sangat penting dalam untuk memperhatikan asupan gizi yang harus dipenuhinya. Asupan gizi ibu hamil ini memang sangat bermacam macam jenisnya. Dari berbagai zat untuk perkembangan bayi hingga gizi yang dapat berperan menjaga kesehatan sang ibu hamil. Dalam setiap proses kehamilan biasanya dibagi menjadi 3 bagian. Bagian tersebut biasanya disebut trimester. Trimester ini masing masing terdiri dari tiga bulan masa kehamilan. Setiap trimester ini juga memiliki kebutuhan asupan gizi yang berbeda beda. Maka sebagai ibu hamil anda wajib mengetaui apa saja asupan gizi yang dibutuhkan setiap trimester seperti asupan gizi dalam buah untuk ibu hamil muda yang berada di trimester pertama.

asupan gizi ibu hamil

Berikut ini akan dibahas mengenai asupan gizi ibu hamil berdasarkan kebutuhan gizi ibu hamil pada tiap trimester nya. Pada trimester pertama, saat berada masa kehamilan bulan pertama ibu hamil harus memnuhi kebutuhan kalori yang berfungsi untuk menjaga kekuatan tubuh ibu dan juga perkembangan bayi yang baru terbentuk bisa berkembang dengan baik. Pada bulan selanjutnya, sangat disarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi susu yang baik untuk ibu hamil terutama yang mengandung asam folat dan juga DHA untuk perkembangan otak bayi yang optimal. Pada trimester kedua, kebutuhan gizi ibu hamil juga berbeda lagi. Dalam masa ini bayi mengalamu kemjuan dalam pertumbuhan yang cukup pesat. Maka dari itu asupan gizi dan nutrisi untuk ibu hamil juga harus lebih ditingkatkan lagi. Setelah memasuki trimester ke tiga yang merupakan trimester akhir dalam kehamilan, ibu hamil memerlukan banyak nutrisi dalam menunjang prosesĀ  persalinan. Dalam proses persalinan dibutuhkan tenaga yang tidak sedikit sehingga hal tersubut harus sangat dipersiapkan oleh ibu hamil.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai asupan gizi ibu hamil yang dibagi berdasarkan trimester kehamilan. Setiap trimester memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang terus meningkat. Sehingga dalam memenuhi asupan tersebut, ibu hamil juga harus memperhatikan usia kandungan dan menyesuaikanya untuk berbagai kebutuhan yang berbeda beda dalam tiap trimesternya.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *