Mengenal Gejala Tipes Anak

Pada umumnya Gejala Tipes Anak disebabkan karena adanya infeksi bakteri pada usus halus. Bakteri yang mengikfeksi usus memiliki nama Salmonella paeartyphi. Jenis bakteri ini masuk pada usus melalui makanan yang dikonsumsi oleh para penderita. Oleh karena itu anak – anak sangat beresiko mengalami penyakit ini. Hal tersebut dikarenakan anak tidak mampu mengatur pola makan sendiri atau memilih makanan yang bermutu dan bergizi. Banyak sekali jajanan yang ditawarkan di sekolah atau area bermain anak. Dengan begitu anak mudah untuk membeli dan memakannya. Padahal untuk kebersihan dan gizi belum tentu terjamin. Maka sebagai orang tua alangkah baiknya untuk lebih menjaga makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu orang tua juga harus mengenali beberapa gejala yang mengakibatkan anak mudah untuk terjangkit penyakit tipes.

Gejala Tipes Anak

Dengan mengenali Gejala Tipes Anak maka dapat untuk mengurangi resiko dari penyakin tipes. Ada beberapa gejala yang harus orang tua pahami. Berikut ini adalah gejala tipes pada anak yang sering dialami.

  • Demam tinggi

Gejala ini akan sangat sering dialami oleh para penderita tipes pada anak. Anak yang mengalami tipes akan mengalami demam dengan suhu hingga 34-40 derajat celcius. Biasanya anak akan rewel jika mengalami demam yang tinggi.

  • Gangguan pada Pencernaan

Karena penyakit tifus disebabkan karena gangguan pada usus halus, maka anak akan merasa tidak nyama pada perut bagian kiri.

  • Nafsu Makan Berkurang

Karena adanya ifeksi bakteri membuat anak tidak nyaman untuk mengkonsumsi makanan. Hal ini akan menyebabkan anak tidak mau makan.

  • Tepi Lidah Memutih

Anak yang mengalami tipes biasanya akan memutih pada bagian tepi lidah. Hal ini karena adanya inflamasi pada penyakit tipes.

  • Nyeri Tubuh

Anak yang menderita tipes akan merasakan nyeri pada badan. Biasanya anak merasakan pegal – pegal pada semua anggota tubuh.

Jika salah satu Gejala Tipes Anak sudah mulai dirasakan. Maka segera tangani dengan benar. Untuk penangan di rumah, para orang tua bisa memberikan jus buah, air putih ata air kelapa.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *