Suplemen Vitamin Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil perlu mengkonsumsi banyak makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin bagi ibu dan janin. Janin yang masih menginjak usia muda membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan janin pada usia tua. Namun justru pada saat hamil muda yakni pada rentan usia 1-28 hari kebanyakan ibu tidak mentahui jika sedang hamil sehingga kebutuhan vitamin ibu hamil tidak tercukupi. Beberapa ibu masih akan menkonsumsi makanan yang tidak sehat. Oleh karenanya memperhatikan periode menstruasi sangat penting sehingga cepat tahu jika sedang hamil. Semakin cepat tahu maka akan semakin cepat nutrisi untuk ibu hamil dapat terpenuhi.

Mendengarkan kata vitamin pasti banyak ibu berpikiran tentang obat. Tidak salah memang, namun vitamin untuk ibu hamil juga bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Sembarang jenis makanan sehat seperti buah, sayuran hijau, susu, dan yang lainnya dapat memenuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil. Namun perlu diketahui bahwa makanan yang dikonsumsi meskipun mengandung gizi yang tinggi juga masih belum lengkap. Saat usia kehamilan muda akan banyak vitamin yang dibutuhkan seperti kalium, zat besi, asam folat, dan vitamin D. semuanya dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin tersebut.

Menu sehat ibu hamil yang disusun sedemikian rupa masih akan kurang lengkap. Oleh sebabnya mengkonsumsi suplemen diperlukan ibu hamil. Kandungan asam folat pada suplemen sangat beguna dalam mencegah terjadinya kerusakan saraf. Hal ini dikarenakan asam folat sendiri memang berfungsi dalam membantu pembentukan otak. Asam folat perlu dikonsumsi ibu hamil pada usia kehamilan muda sbanyak 400-800 mikrogram. Sementara itu vitamin D dan kalsium sangat berguna dalam pembentukan tulang dan gigi. Zat besi sendiri sangat berguna dalam pembentukan sel darah merah yang mana mensuplai oksigen pada janin. Sehingga ibu tidak terkena anemia dan mengurangi resiko keguguran. Vitamin untuk ibu hamil sangat penting bukan? Maka dari itu sedari dini calon ibu perlu menjaga pola makan agar saat hamil bayi sehat dan tercukupi gizinya

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *